5 Manfaat Daun Sirih Untuk Mata


TIPSPRIMA.COM - Daun sirih bukan tanaman asing di Indonesia. Sejak dahulu nenek moyang kita sudah memperkenalkan manfaat daun sirih untuk mata. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan mata. 

Beda dari panca indera lainnya, mata jauh lebih sensitive terhadap rangsangan luar dan dalam. Ketika dilahirkan kita memilih mata yang jernih, namun setelah difungsikan sebagai indera penglihatan mata mulai tampak keruh. 

Agar kondisi mata tetap sehat hingga usia senja, kita harus menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A. Hindari juga kebiasaan atau aktivitas yang membuat mata mudah letih dan lelah.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Sehat dan Jernih


Ketika mata mulai terasa letih, lelah bahkan tidak bisa lagi melihat dengan jelas objek jauh atau dekat. Maka yang perlu kamu lakukan adalah mencegah kerusakan mata lebih jauh dengan memanfaatkan daun sirih. Berikut ini keistimewaan daun sirih sebagai obat mata:

1. Mengatasi Mata Perih dan Gatal


Rutinitas sehari-hari membuat mata bekerja lebih banyak daripada panca indera lainnya. Tidak heran jika mata mudah merasa perih dan gatal. Apalagi bila kamu bekerja di luar ruangan yang penuh dengan asap kendaraan bermotor dan asap rokok. 

Kandungan vitamin C dan riboflavin pada daun sirih dipercaya mampu mengatasi mata perih dan gatal. Gunakan air rebusan daun sirih untuk membilas mata yang gatal dan perih. 

2. Mengatasi Mata Belekan


Salah satu manfaat daun sirih untuk mata yaitu mengatasi mata belekan. Kondisi mata belekan tentu bukan kondisi terbaik yang kamu harapkan. Terutama jika kamu harus bekerja berharapan dengan banyak orang keesokan harinya.

Agar kondisi mata kembali sehat seperti semula, kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih. Cara membuat air rebusannya tidak sulit, cukup ambil daun sirih dan rebus bersama air sampai mendidih. Gunakan untuk membilas mata belekan saat airnya sudah dingin atau hangat kuku. 

3. Mengatasi Mata Minus


Rasanya tidak ada orang yang ingin menggunakan lensa kontak atau kacamata selain sebagai barang fashion. Masalah mata minus bisa terjadi pada siapa saja, bahkan kini anak-anak pun mengalami mata minus.

Selain rajin mengkonsumsi wortel atau sayuran dan buah kaya vitamin A lainnya, kamu bisa memanfatkan daun sirih untuk atasi minus pada mata. Cara aplikasi ramuan obatnya hampir sama dengan sebelumnya. Untuk hasil terbaik, usahakan pakai ramuannya setiap hari.

4. Mengatasi Iritasi Pada Mata


Manfaat daun sirih untuk mata iritasi banyak diperbincangkan oleh banyak orang. Mengingat kandungan minyak atisiri, alkaloid, vitamin C serta riboflavin pada daun sirih dinilai mampu melawan penyebab iritasi mata.

Penyebab iritasi mata sangat bervariasi, tidak sekedar dabu atau asap dari kendaraan bermotor. Terlalu sering browsing internet di depan gadget, lama kelamaan menunjukkan gejala iritasi mata. 

Mengatasi iritasi mata dengan rebusan daun sirih sebenarnya cukup baik, apalagi bila proses pengolahannya dilakukan dengan benar. Maka dari itu sebelum meneteskan air daun sirih pada mata, pastikan airnya sudah direbus sampai mendidih.

5. Mengatasi Mata Katarak


Saat memasuki usia 41 tahun ke atas, mata kita mulai menunjukkan reaksi negative. Penglihatan menjadi tidak jernih lagi, mata menjadi sangat sensitive bahkan yang paling parah tidak bisa melihat di siang dan malam hari. 

Atasi mata katarak dengan rutin mencuci atau meneteskan obat daun sirih pada mata. Untuk hasil optimal, dibutuhkan waktu yang lama jadi jangan berhenti setelah satu pekan pamakaian.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Daun Sirih Untuk Mata"

Post a Comment