Mau Tetap Langsing Saat lebaran? Inilah Menu Sahur Sehat Untuk Diet


Mau Tetap Langsing Saat lebaran? Inilah Menu Sahur Sehat Untuk Diet

TIPSPRIMA.COM - Menu sahur sehat untuk diet harus mengandung banyak protein dan serat sehingga tubuh tidak mudah lelah dan merasa lapar. Selain memperhatikan kandungan makanan, cara pengolahan juga penting. Agar kalori dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mencukupi, konsumsi lebih banyak makanan yang direbus, kukus atau panggang.

Dianjurkan pula untuk menghindari makanan yang kaya gula, garam dan berminyak. Tiga kelompok makanan tersebut tinggi kadar kalori yang bila dikonsumsi berlebihan akan menambah berat badan. Mengapa demikian? karena dalam satu hari, orang dewasa membutuhkan 1500 kalori. Untuk sahur konsumsi makanan yang dianjurkan adalah 500-600 kalori.

Contoh Menu Sahur Sehat Untuk Diet


Agar ibadahmu tetap berjalan dengan lancar tanpa mengganggu program diet. Cobalah beberapa menu sahur sehat dan praktis untuk diet berikut ini:

1. Ubi Panggang Yogurt


Buat kamu yang tidak bisa mengkonsumsi nasi terlalu banyak, kamu bisa mengganti nasi dengan ubi panggang. Ubi mengandung karbohidrat tinggi yang akan membantu tubuh tetap kenyang selama beberapa lama. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, mengolahnya pun sangat mudah.

Baca Juga: Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Selain membuat rasa makanan lebih unik, yogurt kaya akan vitamin B6, vitamin B12, kalsium, protein, probiotik dan potassium. Dengan menambahkan yogurt plain pada ubi tumbuk, nutrisi yang di dapatkan sudah cukup baik untuk sahur.

Untuk tambahan protein, tambahkan telur kocok. Kamu bisa juga menambahkan brokoli atau daun sage agar seratnya terpenuhi.

2. Scramble Egg


Merupakan jenis makanan paling populer di dunia. Resep scramble egg sangat beragam, kamu bisa mengembangkannnya sendiri sesuai selera. Untuk menu sahur kali ini, kamu bisa membuat scramble egg dengan daging cincang dan keju. Untuk sumber karbohidratnya, gunakan kulit kebab sebagai tortilla.

Menu sahur untuk diet ini kaya akan kandungan protein dan karbohidrat. Selain dikonsumsi sebagai menu sahur, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan ini untuk berbuka puasa.

3. Oatmeal Blueberry


Oatmeal telah dikenal sejak lama sebagai sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk program diet. Meskipun tampak sederhana, menu makanan ini bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Salah satu resep oatmeal yang mudah dan enak adalah oatmeal blueberry.

Untuk membuat oatmeal gurih dan lezat, gunakan susu untuk memasak oatmeal. Kamu juga bisa menambahkan kacang almond untuk tekstur yang lebih unik. Sajikan oatmeal dengan topping buah blueberry dan almond cincang. Alih-alih menggunakan gula, pilih madu murni sebagai pemanis.

4. Roti Bakar Tomat


Salah satu menu makanan paling praktis yang bisa kamu buat hanya dalam waktu beberapa menit ini cocok ketika kamu bangun kesiangan saat sahur. Uniknya, pada resep ini kamu tidak akan membakar roti secara utuh. Roti di potong dadu lalu dicelupkan pada adonan telur kocok, garam dan susu.

Panggang roti bersama tomat ceri, kemangi dan buncis. Agar rasanya lebih nikmat, parut keju kambing di atas adonan roti sebelum memanggangnya.

5. Salad


Menu yang satu ini tidak kalah populernya dari scrambled egg. Membuat salad pun tidak sulit, cukup pilih jenis buah atau sayuran yang disukai kemudian potong sesuai selera dan makan bersama dressing salad.

Baca Juga: Cara Agar Rendang Tidak Hancur Walau Dimasak Lama

Ketika memilih salad buah, agar lebih enak dan sehat gunakan yogurt sebagai dressing. Untuk dressing salad sayur daripada memilih mayonnaise atau Caesar salad dressing, disarankan untuk menggunakan olive oil. Olive oil jauh lebih sehat daripada kedua dressing tersebut.

Dari kelima menu sahur sehat untuk diet di atas, manakah yang paling kamu sukai? Semua makanan di atas cocok untuk dinikmati saat sahur terutama bila kamu khawatir berat badanmu terus bertambah selama menjalankan ibadah puasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Tetap Langsing Saat lebaran? Inilah Menu Sahur Sehat Untuk Diet"

Post a Comment