5 Jenis Sarapan Ini Justru Tingkatkan Risiko Kegemukan

5 Jenis Sarapan Ini Justru Tingkatkan Risiko Kegemukan


TIPSPRIMA.COM - Sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting, maka kita perlu mencukupi nutrisi makanan sehat di waktu sarapan.

Mengkonsumsi sarapan sehat tentunya menjadi salah satu cara terbaik bagi kita untuk memulai hari dengan penuh semangat.

Ibu mungkin selalu berusahan memenuhi asupan nutrisi keluarga saat sarapan dengan menyiapkan makanan dan minuman yang sehat.

Namu hati-hati, karena beberapa jenis makanan yang kerap dikonsumsi sebagai sarapan sehat ternyata malah tak baik untuk tubuh kita. Makanan dan minuman tersebut bisa jadi sering kamu konsumsi.

Memang untuk sebagian orang awam, jenis sarapan ini kelihatan sehat. Akan tetapi kandungannya justru lebih tinggi gula dan malah meningkatkan resiko kegemukan, alih-alih memberikan energi lebih banyak.

Dicatat baik-baik ya, ini adalah 5 Makanan “Sehat” yang ternyata tidak baik untuk dijadikan sarapan.



#1. Jus Segar

Apapun bentuk proses pembuatannya, jus merupakan bentuk konsentrat dari gula.

Biarpun jus dibuat dengan cara diperas saat itu juga atau dengan cold pressed yang digadang-gadang cara sehat, jus tetaplak memiliki kandungan gula yang tinggi.

Biasanya segelas jus itu memiliki kandungan setara dengan 6 sendok teh gula. Ternyata didalam 6 sendok teh terdapat jumlah gula yang direkomendasikan untuk dikonsumsi tubuh dalam sehari.


Baca Juga: 5 Resep Olahan Tomat Yang Lezat Dan Tiada Duanya


Jika kamu meminum jus sebagai sarapan, kamu pun akan kehilangan serat-serat baik dari buah. Padahal serat itulah yang membantu tubuh untuk menyerap gula lebih lambat agar jandungan gula dalam darah tidak melonjak.

Serat juga penting, untuk membuat kamu kenyang lebih tahan lama dan tidak tegoda mengkonsumsi kalori berlebihan. Dengan melewatkan serat pada buah, justru membuat kamu lebih tinggi risiko makan berlebihan usai sarapan.


#2. Granola

Granola termasuk makanan yang sedang menjadi trend karena dianggap sehat bagi sebagian orang.

Walaupun terbuat dari bahan-bahan yang sehat seperti oat, madu, buah kering dan kacang-kacangan, granola ternyata bukan pilihan sarapan yang tepat. Jangan terburu-buru dan tergoda dengan iming-iming granola tanpa gula tambahan, alami atau terdiri dari aneka biji-bijian.

Granola tetap tinggi kandungan gulanya, sebab ada buah-buahan kering yang memiliki gula yang sangat tinggi.


#3. Yogurt Rendah Lemak

Label yang mengatakan yogurt memiliki kandungan lenak yang rendah tidak sesehat yang kamu bayangkan.

Sebab mengurangi lemak pada yogurt biasanya dilakukan dengan menambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Ternyata lemak mempunyai kandungan baik yang terdapat pada yogurt sebenarnya memiliki manfaat untuk menjaga perut kenyang lebih lama.


Baca Juga: 8 Bahan Alami Untuk Menurunakan Kadar Gula Darah Dalam Tubuh


Maka yogurt rendah lemak justru dapat membuat kamu lebih cepat lapar karena kandungan pemanis tambahan. Lebih baik kamu memilih yogurt tanpa penguranggan lemak dan jauhi yogurt dengan rasa buah-buahan. Rasa buah-buahan pada yogurt berarti menambahkan perisai kimia tambahan.


#4. Sereal Batangan

Sekarang sudah sangat mudah menemukan makanan instan yang diberi label sebagai makanan sehat untuk sarapan. Salah satunya ialah sereal batangan.

Menurut survey sereal batang dapat diklaim memiliki sebuah kandungan baik untuk kesehatan, tetapi jika kamu perhatikan komposisinya, sereal batangan tidak jauh berbeda dengan cokelat atau biskuit.

Biasanya kandungan gula pada sereal batangan ini cukup tinggi dan berarti kurang sehat untuk dijadikan sarapan.


#5. Smoothies

Buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan, dengan kandungan nutrisi tinggi tentu tubuh butuh asupan buah.

Salah satu cara popular untuk mengkonsumsi buah-buahan ialah dengan menghaluskan tanpa air atau biasa kita kenal sebagai Smoothie. Akan tetapi sebagai sarapan, Smoothie buah kurang cocok untuk dikonsumsi.

Walaupun terdiri dari aneka buah, Smoothie bukan sarapan yang mengenyangkan dan seimbang untuk tubuh, misalnya akan protein. Padahal protein sangat penting untuk dikonsumsi saat sarapan agar menjaga kita kenyang lebih lama dan meningkatkan energi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Jenis Sarapan Ini Justru Tingkatkan Risiko Kegemukan"

Post a Comment